Kamis, 31 Januari 2013

Relief Muka Bumi Di Daratan Dan Di Lautan

A. Relief Muka Bumi Di Daratan

1. Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan suatu bentang alam tanpa banyak memiliki perbedaan ketinggian antara tempat yang satu dan tempat lainnya. Daerah ini mempunyai ketinggian mencapai 200 m di atas permukaan laut. Daerah ini juga disebut dataran aluvial.
Contoh: dataran aluvial di Sumatera bagian timur, Jawa bagian utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur serta Irian Jaya bagian barat dan utara.

2. Dataran Tinggi

Suatu daerah yang mempunyai ketinggian lebih tinggi dari daerah sekitarnya dan  terbentuk dari lapisan- lapisan batuan yangnhorizontal disebut dataran tinggi (plato). Dataran tinggi biasanya lebih rendah dari pegunungan  yang mempunyai ketinggian sekitar 700 m.
Contoh: Dataran Tinggi Lembang, Dataran  Tinggi Bandung dan Dataran Tinggi Dieng.

3. Pantai
pantai adalah sebuah wilayah yang menjadi batas antara lautandan daratan, bentuk pantai berbeda-beda sesuai dengan keadaan, proses yang terjadi di wilayah tersebut, seperti pengangkutan, pengendapan dan pengikisan yang disebabkan oleh gelombang, arus, angin dan keadaan lingkungan disekitarnya yang berlangsung secara terus menerus, sehingga membentuk sebuah pantai.

4. Gunung
Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu;amisalnya, Encyclopedia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.
Contoh: Gunung Bromo di Jawa Timur, Gunung Ciremai di Jawa Barat, Gunung Galunggung di Jawa Barat, Gunung Krakatau di Selat Sunda, Gunung Merapi di Jawa Tengah, Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat.

5. Pegunungan
Jika gunung-gunung terdapat dalam suatu kelompok, maka bentang alam itu disebut pegunungan, misalnya Pegunungan Kapur Utara, Pegunungan Kendeng, Pegunungan Schwaner, Pegunungan Kapuas Hulu di Kalimantan, Pegunungan Alpen di Australia, dan Pegunungan Himalaya di India bagian utara yang berbatasan dengan RRC.

6. Bukit
Bukit  adalah suatu wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya namun dengan ketinggian relatif rendah dibandingkana dengan gunung.  Contohnya: Bukit Barisan di sumatra.

7. Lembah
Lembah adalah wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi sampai mencapai ribuan kilometer persegi. Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis. Lembah gletser yang umumnya berbentuk-U terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu akibat erosi gletser. Selain berbentuk-U, lembah juga dapat berbentuk-V.
Contoh: Grand Canyon di Amerika Serikat, Death Valley di Amerika Serikat, Lembah Indus di Pakistan, Ngarai Sianok di Sumatra Barat.

8. Tanah Depresi
Tanah depresi adalah suatu daratan yang  yang permukaannya lebih rendah dari permukaan air laut.

9. Peneplain
Peneplain adalah  dataran rendah setinggi permukaan air laut yang miring menunjam sangat landai.


B. Relief Muka Bumi Di Lautan

1. Dangkalan
Dangkalan adalah dasar laut yang berbatasan dengan benua dengan kedalaman 0-200 m.
Contoh: Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul.

2. Guyot
 Guyot adalah gunung di dasar laut tetapi puncaknya tidak sampai kepermukaan laut.

3. Gunung Laut
Gunung laut adalah gunung yang kakinya di dasar laut sedangkan badan puncaknya muncul ke atas permukaan laut dan merupakan sebuah pulau.
Contoh: gunung Krakatau.

4. Ambang Laut
Ambang laut atau drempel adalah bagian laut yang dangkal karena dasar lautnya tinggi, sehingga memisahkan dua laut dalam.
Contoh: ambang laut sulu, ambang laut sulawesi.

5. Punggung Laut
Punggung laut adalah punggung pegunungan  yang ada di dasar laut.
Contoh: punggung laut Sibolga.

6. Alur laut
Alur laut adalah relief dasar laut sebagai hasil dari dasar sungai yang mengalami penenggelaman.

7. Palung Laut
Palung laut (trench atau trog) adalah bagian laut yang sangat dalam (kedalaman lebih dari 5000 meter), bentuknya memanjang dan sempit. Terjadi karena proses penenggelaman yang terus menerus. Bagian laut yang terdalam adalah berbentuk saluran yang seolah-olah terpisah sangat dalam yang terdapat di perbatasan antara benua dengan kepulauan.

8. Lubuk Laut
Lubuk laut (basin atau ledok laut) adalah bagian laut yang dalam terjadi karena pemerosotan dasar laut, berdinding curam dan berbentuk mangkuk. Pada dasarnya proses terjadinya sama dengan palung laut, tetapi berbeda pada bentuknya yang membulat dan kedalamannya lebih dari 5000 meter.

Atau kalau ada dari kalian yang memiliki tugas untuk membuat klipping tentang relief muka bumi dan mau melihat contohnya dalam bentuk MS Word, ini saya ada contohnya.. (coming soon)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar